Beranda > My Tax's Article > PPN atas Sewa Mobil Angkutan

PPN atas Sewa Mobil Angkutan


Banyak pertanyaan mengenai pengenaan PPN atas Sewa Kendaraan. Apakah Sewa Kendaraan dikenakan PPN? Mari kita telusuri.

Berdasarkan UU PPN 1984 pasal 4A ayat (3) huruf j, dijelaskan secara umum bahwa jasa angkutan umum di darat dan di air serta jasa angkutan udara dalam negeri yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari jasa angkutan udara luar negeri, bukan merupakan objek PPN. Berdasarkan klausul pada pasal tersebut, tampak bahwa jasa angkutan umum bukan merupakan objek PPN. Akan tetapi, istilah “angkutan umum” masihlah sangat mencakup berbagai hal dan terlampau luas sehingga masih terdapat berbagai pertanyaan mengenai sewa dan carter kendaraan, apakah merupakan objek PPN atau bukan. Pertanyaan ini saya dengar dari salah satu bendahara pemerintah di sebuah satuan kerja di Sulawesi Selatan.

Istilah “angkutan umum” dapat mencakup angkutan umum yang dipakai dengan trayek maupun angkutan umum yang disewa atau dicarter. Jawabannya gampang saja, pegang saja istilah “angkutan umum” tersebut. Beberapa hal lagi yang perlu diketahui adalah:

  1. Kendaraan Umum adalah setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan dipungut bayaran.
  2. Kendaraan Angkutan Umum adalah kendaraan bermotor yang dipergunakan untuk kegiatan pengangkutan orang dan/atau barang yang disediakan untuk umum dengan dipungut bayaran baik dalam trayek maupun tidak dalam trayek, dengan menggunakan tanda nomor kendaraan dengan dasar kuning dan tulisan hitam.

Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa penyerahan jasa Angkutan Umum dijalan dengan menggunakan Kendaraan Angkutan Umum tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai sepanjang menggunakan kendaraan bermotor dengan tanda nomor kendaraan dengan dasar kuning dan tulisan hitam, termasuk penyerahan jasa Angkutan Umum di jalan dengan menggunakan Kendaraan Angkutan Umum yang bersifat charter atau sewa. Penegasan ini didasarkan pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-119/PJ./2010 tentang Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Jasa Angkutan Umum di Jalan.

About these ads
Kategori:My Tax's Article
  1. 9 September 2011 pukul 1:38 pm

    kunjungi bangunharyadi.blogspot.com,
    terimakasih…

  2. Dede
    24 Februari 2012 pukul 9:58 am

    Berdasarkan data di lapangan terdapat angkutan umum truk berplat hitam tlisan putih tetapi di belakang angka terdapat hurup yang menunjukan angkutan umum bagaimana perlakuannya masih kena ppn

    • 29 Juli 2014 pukul 8:56 am

      Yang pertama, dari sumber apa Saudara bisa tahu bahwa kendaraan tersebut sebenarnya merupakan angkutan umum?
      Selain dari plat kendaraan secara fisik, sumber lain yang kredibel yang dapat membuktikan bahwa kendaraan tersebut ber-plat kuning adalah STNK dan BPKB nya karena kedua dokumen tersebut merupakan produk hukum yang sah. Di STNK, terdapat baris “Warna TNKB”.

  3. heri
    14 Juni 2012 pukul 12:20 pm

    mana neh jawabane ms Puput pertanyaan mas DEDE?

  4. heri
    14 Juni 2012 pukul 12:21 pm

    KALAUPUN DI KENAKAN ppN APA BISA DENGAN MENGGUNAKAN NILAI LAIN, DG TARIF EFEKTIF 1%?

    • 29 Juli 2014 pukul 9:11 am

      Jika judulnya “Sewa Kendaraan” maka jawabannya Tidak Bisa pak, karena sesuai dengan PMK Nomor 38/PMK.011/2013, nilai Lain tarif efektif 1 % (Dalam hal ini berarti DPP = 10%) terkait transportasi haya bisa diterapkan terhadap:
      – Jasa Biro Perjalanan/Pariwisata
      – Jasa Pengurusan Transportasi yang di dalamnya ada biaya transportasi
      Menurut saya, ketiga hal tersebut berbeda.

  5. 29 Juli 2014 pukul 8:50 am

    Bangun: terima kasih, akan ke TKP segera

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: